Minggu, 14 Oktober 2012

Tujuan Membuat Blog

Bagi Anda yang baru memulai di Dunia blog, ada begitu banyak hal yang perlu dipertimbangkan dan diperhitungkan untuk kelanjutan karir Anda di Dunia Blog. Mulai dari hal dasar seperti konten, tujuan, skil dan kemampuan apa yang anda miliki, target pembaca dan lain sebagainya.

Pada kesempatan kali ini, saya akan coba membahas beberapa hal dasar tersebut, agar nanti setidaknya bisa menjadi pertimbangan unuk Anda, apakah ingin melanjutkan menulis blog atau berhenti sebelum mati.

Hal ini sangat penting sekali Anda ketahui terutama bagi para blogger pemula, karna saya bisa jamin blog yang anda buat sekarang, tidak akan bertuan 3-4 bulan kedepan (Mati) tanpa pertimbangan dan tujuan yang jelas kenapa anda ngeblog.


Berikut adalah beberapa poin penting sebelum memulai membuat blog.
  1. Tujuan. Tujuan adalah poin yang mengakibatkan anda untuk mengambil keputusan untuk membuat Blog. JIka tujuan anda hanya untuk sekedar tahu dan ingin mencoba, sebelum kenal betul, saya yakin anda akan bosan dan kabur. JIka tujuan anda adalah uang, 4-5 bulan kedepan saya yakin anda juga tidak akan tahan, karna tidak ada yang instan untuk uang, butuh ketekunan dan keseriusan. JIka tujuan anda hanya untuk berbagi, seberapa banyak hal yang ingin anda bagi. Intinya, tujuan adalah hal dasar yang perlu Anda perhitungkan dengan matang.
  2. Setelah anda menemukan Tujuan, hal lain yang perlu diperhitungkan adalah konten blog kita. Konten blog sangat berkaitan erat dengan sekill/keahlian yang kita miliki. Jika anda menguasai materi konten yang anda buat, saya yakin anda tidak akan merasa kesulitan jika memberikan jawaban pertanyaan yang mungkin mucul dari apa yang anda tulis nantinya di blog Anda. Jika anda mempu mengembangkan konten yang anda angkat satu tahun kedepan, maka saya yakin anda akan menjadi blogger populer kedepannya.
  3. Waktu dan Tenaga. Berapa banyak waktu yang anda bisa luangkan untuk sekedar menulis artikel dan menjawab pertanyaan-pertanyaan. Hal ini menjadi sangat penting jika anda memang benar-benar serius dan ingin menajadi seorang blogger sukses.

Saya tepanggil untuk membahas ini sebagai pembuka postingan pada blog ini, karna saya juga pernah membuang begitu banyak waktu dan tenaga yang dan hasilnya tidak sepadan dengan apa yang sudah saya lakukan. Itu semua karna tujuan yang kurang jelas, dan pertimbangan yang hampir tidak ada sama sekali. Melalui tulisan ini saya berharap Anda yang baru mulai membuat blog, menarik satu langkah kebelakang, bukan untuk berbalik dan pergi, akan tetapi untuk mengumpulkan semangat dan alasan yang kuat untuk menciptakan konten-konten blog yang bermutu.

Satu pesan saya, bagi para rekan-rekan blogger, berusahalah membuat dan mengembangkan konten anda sendiri, jangan biasakan dari awal budaya copy paste sembarangan. Jika anda belum terbiasa menulis, maka mulailah menulis dari sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar