Minggu, 14 Oktober 2012

3 Kemampuan Yang Harus Dimiliki Seorang Blogger

Blogger memang sudah menyiapkan layanan yang memungkinkan user tanpa basic web programing untuk bisa menciptakan sebuah blog profesional.Akan tetapi bagaimanapun juga tetap dibutuhkan juga beberapa skill khusus agar bisa mengembangkan blogger ke arah yang lebih profesional.

Beberapa skill yang dibutuhkan oleh para blogger adalah.

  1. Menulis
  2. Menulis merupakan skill mutrlak yang harus dimiliki oleh seorang blogger, apapun jenis blog yang dikelola ketermapilan menulis harus dilatih, agar setiap apa yang ingin disampaikan bisa difahami oleh para pemabaca. Walaupun anda master dalam bidang anda, akan tetapi anda tidak bisa mengajarkan kemampuan anda tersebut melalui tulisan, tetap saja hal tersebut menjadi sia-sia. Jika anda belum terlalu biasa untuk menulis, berlatihlah terlebih dahulu sebelum anda mulai membuat posting.
  3. Web Programing (HTML, CSS, PHP, JAVAScript)
  4. Kemampuan web programing memang bukanlah sebuah keharusan bagi para blogger, tapi bayangkan jika anda ingin mengubah tampilan template yang anda miliki, ingin menambahakan konten-konten pada blog anda yang mengharuskan anda untuk membuka kode program, saya yakin tanpa ketermapilan dasar anda tidak akan bisa melakukan hal tersebut. Mulailah belajar untuk html dan css dasar, pelajarilah struktur template yang anda gunakan, jika anda menggunakan wordpress, cobalah perdalam php dan sisanya Anda tidak di tuntut untuk menjadi master dalam bidang web programing.
  5. Image Editing
  6. Skill image editing memang tidak dibutuhkan oleh semua kalangan blogger. Skill ini dibuthkan oleh blogger yang sering menyertakan gambar pada postingannya. Ketermapilan mengedit gambar tidak dituntut terlalu master, cukup kemampuan seperti compress, crop, memperbaiki pixel gambar dan beberap skil dasar lainnya.  
Tools
Saya tidak merekomendasikan anda tools tertentu untuk mempasilitasi anda dalam web programing dan image editor. Sesuikanlah dengan kantong anda, jika tidak mampu membeli, gunakan yang yang free, dan hindarkan diri dari pembajakan. Atau gunakan saja linux!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar