Minggu, 14 Oktober 2012

4 Tools Yang Sangat Berguna Bagi Para Blogger

Pada kesempatan sebelumnya saya pernah membahas 3 Skill Yang Harus Dimiliki oleh seorang Blogger, dan pada kesempatan ini saya akan coba membahas 4 Tools/software pendukung yang sangat berguna untuk menunjang aktivitas ngeblog.
Dalam membuat artikel, atau mengedit design template kita memang membutuhkan beberapa tools pendukung agar pekerjaan tersebut bisa lebih mudah dan cepat kia kerjakan. Berikut ini adalah 4 Tools yang sangat berguna bagi para blogger dalam membantu aktivitas ngeblog.
  1. Text Editor
  2. Text editor sangat membantu ketika kita menulis postingan yang akan kita publis di Blog. Gunakanlah Text Editor yang bisa membantu anda dalam mengecek ejaan, sehingga bisa meminimalisir kesalahan ketika menulis sebuah artikel postingan. Word prosesor seperti MS Word, LibreOffice Writer sangat membantu dalam menulis dan mendokumentasikan artikel yang kita buat. Saya pribadi menyarankan anda untuk menggunakan LibreOffice Writer, karna selain juga dukungan memeriksa ejaan penulisan, kita juga bisa langsung export tulisan yang kita buat kedalam File bertype Pdf, dan bagi anda yang ingin belajar membuat ebook sendiri, LibreOffice writer sangat membantu sekali. Alasan Lain menggunakan Software Office ini adalah karna Office software ini gratis 100%, multiplatform (Windows, Linux dan Mac), sangat powerfull dan menjadi software office default pada system oprasi Linux.
  3. Image Editor
  4. Image Editor sangat dibutuhkan ketika kita ingin menambahkan gambar pada postingan yang kita buat. Gambar yang ingin kita sisipkan pada postingan terlebih dahulu perlu di kompress ke ukuran sekecil mungkin, tapi dengan kualitas yang masih bagus, sehingga ketika postingan tersebut di buka oleh pengunjung, gambar bisa di load dengan cepat. Jika anda tidak mahir software seperti Photoshop, GIMP(GNU Image Manipulation Program), anda bisa menggunakan tools sederhana seperti MS Paint dan beberap basic image editor lainnya. Tapi bagi anda yang ingin mendesain template blog, software sekelas Photoshop atau GIMP adalah kebutuhan pokok bagi anda. Saya sarankan menggunakan GIMP jika anda belum mempu membeli software profesional seperti Photoshop. GIMP merupakan software multiplatform tersedia untuk Linux dan Windows dan menjadi image editor handal yang hampir menyamai Photoshop. Aplikasi ini merupakan software alternatir pengganti photoshop di Linux.
  5. Screen Capture
  6. Bagi anda penulis blog HowTo, blog yang berisi tutorial-tutorial, screen capture sangat dibutuhkan untuk mencapture aktivitas desktop baik berupa gambar maupun video untuk membuat tutorial . Aplikasi jenis ini sangat banyak, mulai dari yang Free sampai berbayar. Untuk screen caputer yang gratisan anda bisa mencoa Quick Screen Capture untuk capture screen to image, atau Quick Screen Recorder untuk capture screen to video. Bagi anda pengguna linux, aplikasi screen capture biasanya sudah terinstall langsung, seperti pada distro ubuntu, untuk screen recorder anda bisa menggunakan gtkrecordmydesktop.
  7. Html/Css Editor
  8. Basic text editor seperti Notepad, sangat membantu ketika hendak mengedit source html dan css dasar. Tapi bagi anda yang sudah mengarah ke arah web design, tools sekelas Notepad sudah tidak bisa lagi berbuat banyak, dibutuhkan aplikasi text editor yang mendukung penulisan code-code html, css, dan beberapa bahasa pemrograman web lainnya. Aplikasi sekelas Dreamweaver akan sangat membantu. Tapi jika anda belum bisa mengalokasikan dana untuk membeli software seperti dreamweaver, anda bisa mencoba aplikasi lainnya yang bersifat free dan opensource seperti Bluefish, notepad++ dan lain sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar